Selamat Datang di Bimas Kristen Kanwil Kementerian Agama Banten

Kamis, 22 Maret 2012

Pembinaan Iman Oleh Pembimas Kristen di GKY Cimone


BENAR DALAM SIFAT DAN KARAKTER

(Roma 12:2; Amsal 4:23 (20-27) 10:7; Mazmur 101:2
 Pembinaan Iman melalui Firman Oleh Bimas Kristen (Ny. Youke L. Singal M.Th) GKY Cimone Tgl 19 Februari 2012




“Jika saya mendapati hati saya mulai mengeras, saya akan meninggalkanm  pekerjaan ini,  Ini hanyalah sebuah karier, untuk apa menggadaikan karakter saudara demi sebuah karier? Mempertahankan  karakter itu perlu, dan saudara/i dapat melakukannya, saudara/i hanya perlu membuat keputusan.
Dalam situasi yang sangat menekan, kita dapat bereaksi seperti kebanyakan  orang atau kita dapat memilih  untuk melakukan hal yang berbeda. Dalam Roma 12: 2  oleh teolog J.B Philip menterjemahkan  demikian “Jangan biarkan dunia di sekelilingmu  membentuk engkau sesuai ukurannya, tetapi izinkan Allah  membetuk  kembali pemikiran mu dari dalam, sehingga engkau dapat membuktikan secara nyata bahwa rencana Allah bagimu adalah baik, sesuai kehendakNya, dan mengarah pada satu tujuan yaitu kedewasaan penuh”.
Ketika kita mengalami tekanan untuk menyesuaikan diri, maka dengan karakter yang teguh di atas batu karang keyakinan kita dapat berkata: “ini adalah jalan Allah, dan inilah yang terbaik.”
Ketika saudara/i menghadapi masalah besar .. ingatlah…. Hanya apa yg ada di dalam diri sadaralah yang akan tercurah keluar. Ketika kita diperlakukan tidak baik atau disalah mengerti, bagaimana tanggapan kita ? Apakah kita menanggapinya dengan perkataan yang menyenangkan? Atau dengan kesabaran dan kebaikan ? Atau kita cenderung membalas dengan marah  Dalam Efesus 4: 25-32, kita melihat perbedaan  antara bagaimana seseorang sebelum diselamatkan dan sesudah diselamatkan.
Apabila kita hidup dibawa kendali Roh Kudus, hal itu akan terlihat pada cara kita bereaksi terhadap guncangan pencobaan dan godaan dalam hidup. Ketika masalah semakin besar karakter saudara/i yang sebenarnya akan terlihat. Roh Kudus bekerja utk menguatkan dan memperbaharui pikiran kita pada saat kita membaca dan merenungkan Firman Tuhan.
Dalam Kitab Galatia 3: 26 berkata:”…. kamu semua adalah anak2 Allah karena iman di dalam Yesus Kristu”→ Bagaimana orang mengenal saya dan saudara? Apakah mereka akan berkata: “hei kamu yg berjualan….! Atau dia seorang  pegawai bank…,Panggilan itu  tergantung pada bagaimana cara saudara/i berbicara dengan orang lain,cara saudara/i memperlakukan keluarga, pembantu  dan cara hidup saudara/i.
Bila saudara/i berjanji, tepatilah  janji itu! Jika saudara/i membuat suatu komitmen, hormatilah itu! Jika saudara/i menerima satu tanggungjawab, jalankanlah! Yesus berkata : jika ya hendaklah kamu katakana ya (Matius 5:37)
Dibutuhkan sebuah keputusan untuk mengawali atau melanjutkan upaya kita dalam mempertahankan karakter. Mari kita ambil keputusan hari ini juga.
Yesus bertanya kepada murid2-Nya:  “kata orang , siapakah Aku ini ? (Mark *:27) . Orang yang sangat mengenal Yesus  berkata, “Engkau adalah Mesias (ay. 29) . Sdr dipanggil oleh orang-orang yg sudah mengenal  sdr? Apakah mereka berkata:  “kelihatan sekali kalau ia pengikut Yesus? Atau….?????


KARAKTER YANG BAIK DI MULAI DARI HATI!

· Diberkatilah  setiap telinga yang tidak hanya mendengar suara yang terdengar, melainkan mencari kebenaran  yang terkandung dalam suatu pengajaran.

· Diberkatilah mata yang tertutup untuk hal-hal duniawi, tetapi terbuka untuk hal-hal  rohani.

· Diberkatilah  mereka yang dengan sukacita memberikan waktunya bagi Allah dan melepaskan dirinya dari semua penghalang di dunia ini, dan dengarkanlah Tuhan Allahmu berbicara padamu ! melalui Firman-Nya kepada sdr yang mendengarkan dengan hatinya.Banyak orang yang buta akan kebenaran  terbuka matanya saat membaca Alkitab!Karena itu dalam @ Timotius 3:16  berkata: “segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, utk menyatakan kesalahan, utk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.. …..” Apakah saudara/i menggunakan Alkitab  saudara/i setiap hari hingga halamannya terlepas? Lewat Alkitab, Allah memperingatkan kita  terhadap bahaya dosa, maka sdr  akan memahami rencana anugerah penebusan-Nya. Firman Allah tertulis dalam Alkitab, dapat mengubah hidup kita, (cara pandang kita, sifat jelek kita dan membetuk karakter yang baik  terutama dalam pernikahn, keluarga dan gereja.

Dua kata dalam   Yunani  dapat menjelaskan  mengapa orang sering lebih banyak mengubah firman Tuhan ketimbang mengubah hidup mereka.  Kata Eisegese dan kata eksegese.

eisegese   adalah proses pembacaan teks untuk menarik pesan yang tidak tercantum dalam teks (menyelipkan suatu makna) yang mengalir dari tindakan pribadi.  Sebaliknya! )

Eksegese berarti menarik makna yang jelas2 tersirat dari teks, dengan menggunakan konteks, bagian teks Kitab Suci lain yang memiliki topik sama, dan peralatan yang sah  untuk memahami  Alkitab seperti tafsiran.

Nabi Musa  memiliki beberapa petunjuk  yang bijak bagi umat Israel. Mempelajari dan merenungkan perintah2 Tuhan haruslah mereka jadikan bagian dari hidup. Musa berkata, haruslah engkau mengjaarkannya berulang2 (Ul 6 :7) Secara singkat, Firman Allah harus merasuk ke dalam  setiap aspek hidup. Jadi, memiliki Alkitab saja tidak cukup  harus respon sampai dibagikan pada orang lain, karena itu janganlah mengabaikan Alkitab saudara/i.

Tuhan, sucikanlah aku dari segala kebohongan/penipuan. Dan ajarlah aku untuk bersikap jujur; bantulah aku untuk memiliki karakter Kristus dalam segala ucapan dan tindakan, amin.

 

 

 

 

 

 








[i] PF di GKY Cimone Tgl 19 Feb 2012 jam 7.30 n jam 9.30